Rabu, 01 Januari 2014

Tips Bijak dalam Mengoleksi Diecast

Anda termasuk hobi mengoleksi mainan diecast? Lalu bagaimana cara pemilihan yang bijak dalam mengoleksi diecast. Dibawah ini akan kami berikan Tips Bijak dalam Mengoleksi Diecast Berikut tips-tipsnya :

1. Waspada 
Beberapa kategori terhadap 3 kategori die cast ini: Jeep (terutama Toyota Land Crusier), VW (semua varian), Daihatsu Midget (khusus Tomica, HW dan MB dapat di ganti Datsun). Arti waspada adalah jika anda menemukan kategori di atas dengan harga normal ada di rak toko mainan segera ambil dan bayar, tak peduli saat itu sedang cekak. Ngutang dulu kalau perlu karena toh beberapa saat kemudian anda akan memetik keuntungan jika berhasil menjualnya dengan harga lebih tinggi.

2. Hindari tawaran SPB dan SPG 
Hindari tawaran Sales yg menawarkan barang-barang langka dengan harga tidak normal, kecuali anda yakin dan pasti harga di pasar jauh lebih tinggi atau itu koleksi berharga. Praktek memberi tip sebenarnya merusak atmosfir mengkoleksi dan anda dalam tahap berubah dari kolektor jadi investor sekaligus koruptor.

3. Ikuti forum, milis, dan klub
Ikuti forum, milis, dan klub serta sambangi acara Swap & Meet untuk mendapat barang langka yang layak untuk di koleksi, seringkali harganya jauh lebih murah di banding di toko maupun juga di situs jual beli online. Sumber-sumber tersebut juga layak digunakan untuk memantau harga jual diecast dan isu-isu baru dan tentu saja yang paling penting memperoleh banyak kawan.

4. Cermati tipe-tipe mobil yang beredar atau minimal ekuivalennya di Indonesia. Dapat dipastikan die cast seperti ini akan lekas langka dan berharga mahal. Die cast seperti itu bukan saja menjadi incaran para kolektor tetapi juga para pemilik kendaraan bersangkutan.

5. Berhati-hatilah terhadap rumor terutama kenaikan harga jual diecast kadang menjadi nyata kadang juga tidak. Jangan sekali-kali mencoba mendapat keuntungan dari kenaikan kecuali anda bermodal kuat baik uang, waktu dan ruang. Adalah ide buruk memborong satu lusin die cast yang tidak diinginkan semua orang atau bila ternyata distributor memiliki stock yang sangat berlimpah.

6. Selalu simpan dan jaga die cast anda dengan baik, meski demikian jangan terlalu berlebihan, istilah MIB (Mint In The Box) hanya berlaku untuk kolektor luar, untuk kolektor dalam negeri nilai nostalgia, kondisi dan kelangkaan die castnya sendiri lebih menjadi alasan.

7. Berhati-hatilah dengan pemesanan die cast secara online atau mail order, pastikan selalu reputasi penjual dan jika dapat gunakan saja cara COD. Untuk pembelian online selain reputasi penjual anda juga harus mewaspadai jebakan bea masuk dan pelayanan pos atau kurir yang kadang kala sangat buruk. Gunakan pos tercatat dengan tracking number.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar